4 Metode untuk memilih Kawat Seling atau Wire Rope

4 Metode untuk memilih Kawat Seling atau Wire Rope

Harga kawat sling baja atau wire rope, Kawat Sling merupakan kawat baja yang sipilin untuk membuat tali berbahan baja, agar dapat digunakan dalam kebutuhan menarik atau mengangkat sebuah beban yang memiliki berat maupun gaya yang besar.

Kawat Sling sudah sangat banyak digunakan oleh berbagai jenis industri yang ada, memang pada awalnya penemuannya, Kawat Seling tersebut didesain untuk mengangkat barang - barang hasil tambang, namun sekarang sudah digunakan di berbagai industri seperti industri oil dan gas, industri perkapalan, penggunaan di dermaga, sektor konstruksi, sektor kelistrikan, industri manufaktur dan masih banyak industri lain. Manfaat dari Kawat Sling sangat banyak sekali, membuatnya menjadi salah satu material primadona yang banyak dibutuhkan.

Kawat Sling yang dijual dipasaran memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda - beda, sehingga diperlukan analisa awal sebelum memilih kawat sling yang akan digunakan (Awas Bahaya Laten Salah memilih Kawat Sling !] udah kayak KPK ajah...wkwk...:)

Salah memilih jenis kawat sling akan memberikan hasil yang kurang memuaskan, ketika kita menggunakan kawat sling yang salah spek, maka akan menimbulkan berbagai kerusakan, bayangkan apabila kawatnya putus waduh berantakan lah kerjaan kau !!, bayangkan juga apabila kawat nya terlalu over spesifikasi, bayangkan berapa cost atau biaya yang kamu keluarkan....., so be smart !

Berikut ini adalah tips cerdas yang patut dicoba, cara memilih kawat sling atau wire rope sesuai dengan kebutuhan :
  1. Perhatikan tabel spesifikasi Kawat Sling, pilih ukuran yang diinginkan (lihat tabel di bawah) !
  2. Jenis bahan material Kawat Sling atau Wire Rope yang diinginkan, apakah yang full baja (IWRC) atau isi tali (FC/HC) ?
  3. Pilih apakah akan menggunakan jenis yang sudah di Galvanize atau belum di Galvanize (Ungalvanize)
  4. Jenis konstruksi pilinan kawat wire rope tersebut, hal ini akan memberikan gambaran Tensile Breaking Load dari kawat sling tersebut.
Tabel berat Kawat Sling (wire rope) :
Gambar Tabel Berat Kawat Sling (Wire Rope)
Dengan cara di atas, seorang engineer dapat melakukan kontrol atau remote terhadap jenis Wire Rope yang akan digunakan. Tentu akan memudahkan dan meningkatkan kualitas pekerjaan, membuat bos senang, owner senang, dan pelanggan juga senang :), Engineer pun bisa dapat bonus dan penghargaan yang layak.

Video cara pembuatan Kawat Sling (wire rope)


Pada video di atas kita dapat melihat bagaimana cara pembuatan Kawat Sling (wire rope), terlihat dengan jelas bahwa Kawat Sling ini merupakan sekumpulan kawat baja kecil yang dipilin membentuk sebuah ikatan seperti tali dengan model dan ukuran ikatan yang berbeda - beda.

Kawat Sling (wire rope), Video contoh penggunaan dan cara membuat ujung kawat sling


Perhatikan contoh video di atas, terlihat bagaimana seorang Engineer melakukan cutting, dan bending pada ujung Kawat Sling (wire rope) berukuran besar. Tidak mudah melakukannya, namun dengan teknik yang benar dan tools yang tepat, hal tersebut dapat dilakukan.

Salah dalam memilih kawat sling akan menimbulkan kerusakan atau damage, hal ini tentu akan sangat tidak bagus, karena dapat membuat Kawat Sling terputus. Berikut adalah contoh gambar kerusakan pada Kawat Sling.

Contoh Rangkaian Kerusakan Pada Wire Rope (Kawat Sling)
 
Gambar Wire Rope Damage Sample
Terlihat dengan sangat jelas pada gambar di atas contoh - contoh yang menggambarkan kerusakan pada Kawat Sling, kejadian seperti ini mungkin saja terjadi karena salah memilih spesifikasi, atau penggunaan yang berulang kali sudah saatnya diganti tapi masih digunakan. 

Cara benar membuka wire rope dari gulungan
Kejadian di lapangan sering ditemukan penyalahgunaan prosedur atau sistem yang telah ditetapkan perusahaan untuk diikuti oleh pekerja. Hal ini mungkin saja karena pekerjanya lagi malas, lagi marah, atau lagi tidak peduli, atau mungkin tidak tau prosedur yang harus dilakukan.

Sehingga dengan berani menjalankan prosedur sendiri dan menjalankan pekerjaan dengan gaya sendiri dan metode sendiri, hal ini tentu tidak baik, khusus untuk kawat seling, apabila pembukaan dari gulungan tidak sesuai akan menimbulkan kerusakan seperti pada gambar di atas.

Bagaimana cara membuka wire rope yang benar berikut ini adalah gambaran yang benar, silahkan diikuti dan dilaksanakan :


Gambar di atas adalah prosedur yang tepat digunakan, semoga bermanfaat !

Berbagai Kegunaan Kawat Seling (Wire Rope)
Wire rope memiliki kegunaan yang sangat banyak sekali diberbagai Industri contohnya adalah industri perkapalan, Perikanan, Oil and Gas.

Berikut sejumlah kegunaan Wire Rope di berbagai bidang industri :

1. Kegunaan Kawat Seling Industri Perkapalan
– Kawat Seling sebagai komponen crane agar dapat beroprasi untuk mengangkat beban seperti kontainer.
– Kawat Seling untuk menambat atau mooring agar kapal dapat bersandar di galangan atau di pelabuhan.
– Kawat Seling untuk menarik atau towing (Menarik kapal tongkang atau kapal yang sedang rusak, dll).
– Kawat Seling untuk untuk membantu proses Dredging atau pengerukan.
– Kawat Seling untuk mengikat barang di kapal atau di tongkang.

2. Kegunaan Kawat Seling Industri Perikanan
– Kawat seling dapat digunakan untuk menarik Trawl atau jala penangkap ikan.

3. Kegunaan Kawat Seling Industri Oil and Gas
– Di bagian pengeboran kawat seling juga digunakan pada Drilling Line (Menarik dan mengulur Bor)

4. Kegunaan Kawat Seling Industri Mining
– Kawat seling dijadikan Shovel
– Dpat juga dibuat menjadi Clamshell atau Grab

5. Kegunaan Kawat Seling Industri Konstruksi
– Pegangan Jembatan
– Kawat support untuk Tower Crane
– Pengangkat dan penurun Elevator
– Membantu mengangkat alat Paku bumi

6. Kegunaan Kawat Seling Industri Telekomunikasi
– Di industri ini kawat seling juga digunakan sebagai Guy Wire (Menstabilkan Tower atau Antena)

7. Kegunaan Kawat Seling Industri Logging
– Industri kayu juga banyak menggunakan kawat seling untuk Menarik dan mengikat kayu

8. Kegunaan Kawat Seling Industri Gondola
– Industri pembuatan Gondola juga menggunakan kawat seling yang berukuran besar untuk membangun Gondola.

Perkenalkan wire rope merupakan alat yang ditemukan sudah lama sekali, penggunaanya hingga kini sudah mendunia. Andai saja Indonesia yang menemukan alat ini sudah tentu banyak royalti yang diperoleh oleh Negara Indonesia.

Tapi ya sudah lah, semoga pemuda - pemudi Indonesia saat ini mampu membuat sesuatu yang baru dan bermanfaat sekalipun itu benda yang terlihat biasa saja seperti wire rope ini, tapi yang jelas kegunaannya banyak, sangat bermanfaat bagi banyak orang dan sangat mendukung untuk peningkatan kualitas pekerjaan orang lain.

4 Metode untuk memilih Kawat Seling atau Wire Rope
4/ 5
Oleh
Add Comments